Surat dari 14 Member -SUPER JUNIOR- kepada HANGENG (Part 1) !!!

 surat dari 14 member -SUPER JUNIOR- kepada HANGENG (Part 1) !!!

 

 

 Gambar

 

1. Terjemahan Surat dari Lee Teuk untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung

 

Apa kabar Hankyung, bagaimana kabarmu di China sana? Kuharap kamu baik-baik saja. Saat ini kami semua sibuk mempromosikan album ke-4 kami. Hankyung, tidak ada kamu suasana dorm menjadi sepi. Aku sungguh rindu kamu, rindu bahasa Korea-mu yang masih amburadul, rindu masakan terkenalmu dan juga rindu dengan senyumanmu.

 

Hankyung, maafkan aku selama ini tidak begitu terbuka padamu. Selama ini aku merasa bersalah kepadamu karena tidak tahu masalah yang sudah membebanimu selama 5 tahun ini. Hankyung-ah, kenapa disaat ini kamu tidak mengatakan permasalahanmu kepadaku ataupun siapa saja yang kamu percayai. Disaat kamu memilih meninggalkan kami semua setiap malam aku terus menangis dan memikirkanmu. Maafkan aku Hankyung karena sebagai leader aku justru tidak peka terhadapmu.

 

Setiap kali aku selalu tahu rahasia semua member namun aku malah tidak mengetahui permasalahanmu sampai sidang digelar barulah kusadari bahwa tidak semua rahasia member yang kuketahui. Hankyung-ah, aku akan terus menantikan dirimu kembali ke Seoul dan menemui kami. Ingatlah kami selamanya adalah saudaramu dan keluargamu. Super Junior akan terus menanti dirimu dan jika kamu berubah pikiran kami akan menerimamu kembali dengan tangan terbuka.

 

Pada saat itu aku pasti akan memelukmu dan menyambut kepulanganmu saat itu. Ingatlah Super Junior tidak akan ada tanpa dirimu karena kamu selamanya adalah anggota Super Junior, tidak tergantikan. Jagalah kesehatanmu baik-baik. Dan ingatlah, jika kamu tidak sibuk usahakan menghubungi kami supaya kami tidak cemas lagi. Baiklah sampai jumpa lagi karena aku yakin suatu saat kita akan bertemu lagi. Tidak peduli berapa lama aku akan terus menantikan dirimu.

 

Dari hyungmu, Park Jung Soo

 

 

 

2. Surat dari Heechul untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: my lovely couple Hankyung

 

Hankyungie bagaimana kabarmu? Baik-baik saja kan? Kuharap kamu baik-baik saja. Kini aku malah berharap waktu bisa berputar kembali. Ingin sekali mengajakmu, Yong Woon dan Kibum ikut serta dalam pembuatan album keempat kita. Hankyungie, kamu ini sungguh tega meninggalkanku seperti itu. Tahukah kamu betapa depresinya aku selama ini karenamu. Sudah 10 tahun kita berkumpul bersama dan sama-sama meniti karier sebagai satu grup.

 

Namun tiba-tiba kamu malah seenaknya saja meninggalkanku dan Super Junior tanpa bilang-bilang? Kamu sungguh membuat Yang Mulia Kim Hee Chul marah dan benci kepadamu. Aku benci kamu tidak mengatakan masalahmu, aku benci kamu selalu mengatakan tidak apa-apa padahal aku tahu kamu lelah tetapi tetap memaksakan dirimu tersenyum seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Aku membencimu tetapi aku tidak sanggup. Karena kamu adalah sahabatku yang selalu setia menemaniku minum bersama dan selalu memahamiku tiap kali member lain selalu salah paham kepadaku.

 

Hankyungie, ingatkah kamu saat aku kecelakaan setelah menghadiri pemakaman ayahnya Donghae? Setiap hari kamu selalu meluangkan waktu untuk menjenggukku dan merawatku sampai aku sembuh total. Kebaikanmu inilah yang membuatku semakin membuatku berpikir betapa sulitnya menemukan orang yang dapat memahamiku. Hankyungie tahukah setiap kali aku memasukki kamarku selalu terbayang kamu ada disitu. Setiap kali aku mau tidur aku malah tidak sanggup memejamkan mataku karena aku rindu setengah mati kepadamu.

 

Kamu ini sungguh bodoh…..sungguh bodoh sekali….bukankah kamu ada aku dan 14 teman-temanmu di Super Junior. Kami semua menyayangimu. Kamu malah memilih meninggalkan kami semua hanya karena kamu tidak mau berbagi bebanmu kepada kami semua. Dasar Hankyungie bodoh, ingat ya. Kami semua akan menantikan dirimu menjengguk kami di Seoul. Kelak kalau kamu sudah menikah jangan lupa datang ke sini juga ya. Kami semua menyayangimu. Jagalah dirimu baik-baik ya. Ingatlah selamanya kamu adalah sahabatku dan posisimu tidak akan pernah tergantikan dari lubuk hatimu.

 

 

Your couple Heekyung, Hanchul.

 

 

 

3. Surat dari Yesung untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung hyung

 

Hyung bagaimana kabarmu? Hari ini sungguh cerah sekali. Sekarang aku ada didalam kamarku menuliskan surat untukmu. Karena kami semua sepakat akan menulis surat dan dikirim bersama-sama. Hyung, tahukah kamu setiap kali aku melihat video yang menampilkan kita ber-13 kemudian ber-12 kemudian ber-11 tiba-tiba menjadi ber-10. Betapa anehnya aku masih tidak terbiasa tanpa kehadiranmu. Seperti ada rasa kehilangan. Dulu karena Kibum memilih focus ke karier aktingnya aku hanya memaklumi saja. Kemudian Yong Woon terkena kasus sehingga terpaksa dipeti es kan. Aku merasa sedih dan berat melihat Super Junior berkurang lagi. Kemudian tiba-tiba hyung sudah tidak ada disisi kami terasa makin sesak saja. Aku sungguh merindukan nasi goreng Beijingmu hyung.

 

Namun, meski begitu Yong Woon dan Kibum selalu mengunjungi kami semua dan mengatakan selamanya mereka adalah anggota Super Junior. Begitupula bagimu hyung. Karena aku merasakan hyung selamanya tetaplah merupakan bagian dari Super Junior tidak pernah akan terpisahkan. Hyung, tidak peduli apapun keputusanmu aku hanya bisa mendukungmu dan mendoakanmu semoga hyung baik-baik saja. Ingatlah hyung, aku tetap akan mengingat nasihatmu ketika aku masih kurang dikenal saat kita debut bahkan sempat berpikir mau keluar dari Super Junior karena selama ini aku merasa diriku diabaikan. “tidak peduli apapun yang terjadi, kita tidak boleh menyerah untuk meraih impian meskipun harus mengorbankan sesuatu yang sangat berarti bagi kita. Apakah layak jika kamu sudah berusaha dengan keras namun tiba-tiba kamu memilih menyerah dan pulang ke rumah? Pikirkanlah baik-baik perkataanku ini. impian tidak hanya tergantung dari Tuhan saja tetapi juga harus diiringi dengan kerja keras.” Karena perkataanmu inilah hyung aku memilih bertahan di Super Junior.

 

Hyung aku akan menepati janjiku akan terus bekerja keras untuk mempertahankan impianku menjadi penyanyi terkenal. Walau begitu, suatu hari aku ingin sekali bertemu denganmu dan berkata, “hyung aku ingin sekali bernyanyi bareng denganmu,” saat ini aku baik-baik saja dan akan terus mengingat nasehatmu itu. Jagalah dirimu baik-baik hyung. Aku mencintaimu karena kamu adalah hyungku dan saudaraku. Sampai jumpa lagi, berharap kita bisa segera bertemu lagi di lain waktu.

 

Kim Jong Woon

 

 

 

4. Surat dari Kang In untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung hyung

 

Hyung, apa kabar. Semoga keadaanmu baik-baik saja. Sebelumnya aku mau minta maaf kepadamu hyung. Karena kesalahanku sehingga menyebabkan Super Junior menjadi seperti ini. Aku merasa bersalah dan mengintropeksikan diriku. Hyung, nanti bulan Juli aku akan segera menunaikan kewajibanku sebagai seorang pria yaitu mengikuti wajib militer. Berharap sebelum aku menunaikan tugasku demi negara aku bisa bertemu denganmu lagi hyung.

 

Sebelumnya maafkan aku yang sering mengerjain dan menyakiti perasaan hyung tetapi hyung malah memaklumi sifatku yang meledak-ledak seperti ini. Hyung maafkan keegoisanku selama ini dan terima kasih sudah memaklumi sifatku yang menyebalkan. Aku sebenarnya benci dengan diriku sendiri karena sifatku yang satu ini telah banyak membuat banyak orang susah termasuk dirimu hyung. Aku sungguh menyesal karena sudah terjadi masalah seperti ini. Hyung, selama ini kenapa hyung tidak mau berbagi bebanmu kepada kami semua? Apakah kami bukan keluargamu dan saudaramu yang baik? Selama beberapa bulan ini aku berusaha memikirkan permasalahanmu dan membuatku merasa sedih. Maafkan aku hyung sudah membiarkanmu menanggung beban sendirian. Hyung, selamanya Super Junior adalah satu. Karena dengan bangganya aku akan berteriak, “hei inilah keluargaku Super Junior”

 

Aku sudah tidak tahu lagi mau menulis apa lagi untukmu hyung. Setelah selesai menunaikan masa wajib militer aku akan berusaha sebisa mungkin berangkat ke Beijing karena aku ingin bertemu dan memelukmu hyung. Untuk mengungkapkan rasa syukur bisa mengenalmu hyung. Tunggulah aku 2 tahun dan aku akan segera berdiri dihadapanmu hyung. Berjanjilah hyung jangan sampai ada tangisan lagi tetapi senyuman bahagia.

 

 

Your Raccon, Kim Yong Woon 

 

 

 

5. Surat dari Shindong untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung hyung

 

Halo apa kabar! Kami semua baik-baik saja. Sekarang ini kami semua mulai sibuk membuat album keempat kami. Bagaimana kabarmu di Beijing? kudengar sekarang masa-masa musim semi. Pasti indah sekali disana. Hyung, kudengar hyung akan segera bersiap-siap membuat album solo, benarkah itu? Hahahaha kuharap album solomu sukses. Aku akan terus menantikan album ini walau tidak begitu mengerti bahasa mandarin. Setidaknya masih bisa melihatmu melalui mv ataupun melalui suaramu karena hal itulah yang aku rindukan.

 

Aku berharap saat aku bertemu denganmu masih bisa merasakan masakan nasi goreng Beijingmu itu. Sudah lama aku tidak makan itu lagi semenjak hyung tidak ada lagi disini. Aku sudah diet mati-matian tetapi malah membuatku teringat nasi goreng Beijingmu. Ah aroma masakanmu masih kuingat dengan jelas. Masa-masa itu sungguh sangat menyenangkan dan dengan tamaknya aku menyikat masakanmu tanpa menyisakan untuk member lainnya. hahahaha maaf hyung apa boleh buat aku tidak dapat menahan diriku untuk tidak memakan masakanmu.

 

Hyung jangan lupa kalau hyung ada waktu luang datanglah ke sini. Setidaknya untuk melepaskan rasa rindu kami semua. Saat itu akan kubawa hyung berkeliling Korea mengenang masa-masa yang lalu ketika kita dengan senangnya tertawa lepas tanpa adanya beban. Hyung maafkan aku karena tulisanku jelek karena aku menulis surat ini sambil menahan air mataku. Hyung maafkan kami semua yang tidak menyadari kesulitan yang hyung hadapi. Ingatlah kami akan selalu mendoakanmu disana. Sampai jumpa lagi.

 

 

Shin Dong Hee

 

 

6. Surat dari Sungmin untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung hyung

 

Apa kabar! Bagaimana dengan keadaanmu di Beijing sana? Berharap kamu baik-baik saja. Aku memikirkan cukup lama untuk menulis surat ini. Aku sungguh tidak tahu harus memulai dari mana. Banyak kata-kata yang ingin kuungkapkan tetapi saat aku memegang pen mendadak tidak tahu harus menulis apa. Dalam pikiranku sudah banyak kata-kata namun yah aku sendiri juga tidak tahu harus memulai dari mana.

 

Kita mulai dari kenangan pertama kali kita bertemu. Kenanganku masih segar dalam ingatanku seolah-olah baru saja terjadi. Saat pertama kali kenal, aku berpikir hyung kenapa begitu nekat pergi seorang diri ke Seoul tanpa modal bahasa. Itulah yang pertama kali kupikirkan ketika bertemu dengan hyung. Tetapi pandangaku berubah saat hyung menunjukkan tarian yang hebat. Mendadak aku minder setelah melihat tarianmu itu. Seolah-olah hyung memang sudah ditakdirkan menjadi penari yang handal. Ternyata tebakanku tepat. Hyung menjadi salah satu lead dancer dalam Super Junior dan aku senang mengetahuinya.

 

Kemudian aku dikejutkan lagi dengan kemampuan kungfumu hyung. Karena dengan begitu aku ada teman untuk berlatih dan melepaskan rasa stressku dengan menggunakan keahlian martial art kita. Setiap pagi aku selalu menunggumu di atap dorm kita dan berlatih bareng-bareng. Ingatkah saat itu aku tidak sengaja melukai punggungmu dengan keras. Saat itu aku merasa takut sekali. Takut hyung kenapa-kenapa. Tetapi hyung justru berusaha menenangkanku yang panik dengan senyuman dan berkata tidak apa-apa. Padahal aku merasa tendanganku terlalu kuat dan melihatmu memaksakan diri bersikap seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

 

Dan tebakanku lagi-lagi tepat. Hyung mengalami cedera punggung saat berlatih koreografer U diruang latihan. Aku merasa bersalah dan hendak mengaku tetapi perkataan hyung malah membuatku semakin sedih dan bersalah. Hyung kenapa kamu rela berbohong demi melindungiku? Seharusnya hyung jangan mencegahku mengatakan kebenaran soal itu. Rahasia ini tersimpan sedemikian lama akhirnya terbuka saat itu juga kepada Kyuhyun soal cederamu itu karena aku tidak tahan lagi.

 

Setiap kali aku melihatmu menahan sakit dipunggungku hatiku serasa tidak karuan. Kemudian aku mengatakan hal itu kepada Teukkie hyung. Teukkie hyung memarahiku tetapi hyung malah membelaku. Kebaikan hatimu sungguh membuatku merasa nyaman berada disisimu hyung. Ketegaranmu membuatku kagum padamu sampai sekarang pandanganku tidak pernah berubah.

 

Saat aku mengalami cedera lutut pada masa promo sorry-sorry hyung memarahiku yang tidak memperhatikan kesehatanku. Saat itu aku merasakan betul perhatian hyung kepadaku. Akhirnya aku hanya menuruti perkataanmu hyung tetapi pada akhirnya aku melanggar perkataanmu hyung. Syukurlah sorry-sorry sukses meraih berbagai macam penghargaan dan aku sangat menghargai kerja keras kita semua.

 

Sekarang kondisi sudah seperti ini dan agak merasa tidak terbiasa dengan perubahan ini. Hyung, aku baru sadar betapa aku sangat menyayangimu hyung. Setiap pagi aku sendirian saja berlatih martial art seorang diri dan saat itu aku menangis seorang diri berteriak memanggilmu dalam hati. Seandainya saja tidak ada kejadian seperti ini apakah hyung akan terus menemaniku setiap pagi berlatih bersama-sama lagi? Hal ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun tiba-tiba tidak ada partner lagi.

 

Hyung berjanjilah kita akan bertemu lagi. Karena aku sungguh merindukanmu hyung. Banyak yang mengatakan aku adalah member yang paling jarang meneteskan air mata. Namun, setiap malam selesai beraktivitas aku selalu memikirkanmu dan kenangan kita berlatih bersama di atap dorm kita. Saat itu baru kusadari aku menangis setiap malam sehingga membuatku merasa diriku sudah berubah. Aku tidaklah sekuat yang mereka kira. Karena aku sudah mulai rapuh tetapi demi hyung aku akan berusaha lebih tegar lagi. Hyung selamanya kamu adalah hyungku.

 

Your Martial Art partner, Lee Sung Min

 

 

7. Surat dari Eunhyuk untuk Hankyung

“Bahasa Korea”

 

Dear: Hankyung hyung

 

Hyung, selamat akan segera merilis album solomu nanti. Aku mendapat kabar dari Zhoumi soal album barumu nanti. Semoga albummu sukses ya. Whaiting. Hyung jangan lupa kirimin kami album solomu sekaligus tandatangan juga ya. Akan kujaga baik-baik album darimu. Hyung, aku aku sudah menyertakan dua versi cd album keempat kami lengkap dengan tandatangan untukmu hyung. Hyung kami akan menantikan dirimu datang ke Seoul. Akan kuajak hyung menyusuri Sungai Han dan mengobrol seperti dulu. Kemudian kita bermain di kampung halaman Donghae di Mokpoo.

 

Aku masih teringat kenangan kita berlibur di Mokpoo dan bersenang-senang disana bersama semua member. Sayang kenangan di Mokpoo berakhir ketika hyung mendadak menghadapi kejadian seperti ini. Hyung, aku ada menciptakan tarian baru bareng Shindong hyung. Setiap kali ada ide selalu saja tidak terealisi karena merasa kurang bagus mengingat selama ini kita berempat: aku, hyung, Shindong hyung dan Donghae selalu membahas semalam suntuk membahas tarian baru kita.

 

Dan ingatkah setiap kali kita hendak memulai rapat membahas tarian baru kita selalu menyiapkan snak-snack, roti, minuman dan berbagai macam makanan. Bukannya membahas tarian yang ada kita berempat malah makan bersama sampai Teukkie hyung menegur kita berempat. Kenangan itu sangat berarti bagi kita semua. Kemudian kita berempat bergadang semalaman membuat konsep tarian kita yang baru untuk berlatih kemudian rekaman bareng-bareng untuk menunjukkan kepada member lain. Setiap kali kita sudah selesai merekam tarian itu. Kita selalu membahas lagi sampai ketiduran.

 

Setiap tarian hasil ciptaan kita berempat mendapat respon bagus dari para member dan E.L.F ada rasa kepuasan di hatiku. Aku rasa Shindong hyung dan Donghae juga begitu dan bagaimana denganmu hyung? Bagaimanapun hyung juga turut andil dalam penciptaan koreografer tarian kita semua. Dimulai dari Miracle, A Man In Love, U, Dancing Out, Don’t Don dan It’s You kita bekerja keras menciptakan tarian yang fresh dan keren. Dan syukurlah hasil kerja keras kita berempat terbayar sudah ketika melihat penampilan kita secara keseluruhan.

 

Saat ini lead dancer kita ada perubahan Karena Kyuhyun menggantikan posisimu hyung. Walau Kyuhyun bisa menari tetapi tetap saja tidak bisa meniru style sepertimu hyung dan semenjak itu aku, Shindong hyung dan Donghae bertiga saja membahas konsep tarian baru karena Kyuhyun masih sering dibingungan dengan membahas masalah konsep tarian tetapi syukurlah Kyuhyun termasuk agak cepat menguasai walau harus memberinya contoh duluan. Hyung-ah aku sudah melihat tarian barumu di acara Meng Niu melalui you-tube. Tampaknya kemampuan menari hyung sudah meningkat dengan pesat. Satu kata saja yaitu “keren”.

 

Aku berharap suatu hari bisa menari lagi denganmu diatas panggung dan akan kunantikan itu saat masa itu tiba. Hyung, kalau sempat datang saja kesini ya. Akan kuajak adu dance bersama Shindong hyung dan Donghae menggenang masa-masa kita sering adu dance bareng-bareng. Jagalah dirimu hyung. Sampai jumpa lagi.

 

Dancing Machine, Lee Hyuk Jae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s